Teheran, LiputanIslam.com –   Presiden Iran Hassan Rouhani memperkirakan akan terjadi “perubahan yang sangat positif” di Timur Tengah dan dunia jika Amerika Serikat (AS) menghentikan tekanan ekonomi dan sanksinya terhadap Iran.

“Jika ada ketegangan, akarnya disebabkan oleh perang ekonomi AS terhadap Iran. Jika itu berhenti maka kita akan melihat perubahan yang sangat positif di kawasan dan di dunia, “ungkapnya pada konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Teheran, ibu kota Iran, Rabu (12/6/2019).

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang meminta Iran memainkan peran konstruktif dalam mencapai perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah, dan mengatakan bahwa Jepang bertekad untuk melakukan apa yang terbaik untuk membantu hal ini.

Baca: Rouhani Minta Eropa Melawan “Terorisme Ekonomi” AS Terhadap Iran

“Dalam menghadapi meningkatnya ketegangan, Iran harus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah agar instabilitas tidak meningkat atau terjadi konfrontasi,” kata Abe pada kesempatan yang sama.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba di Teheran di hari yang sama dalam rangka kunjungan kenegaraan selama dua hari di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS.

Sebelumnya, kepada wartawan ketika dia akan meninggalkan Bandara Haneda, Tokyo, Abe mengatakan, “Berdasarkan hubungan persahabatan tradisional antara Jepang dan Iran, saya ingin bertukar pandangan secara terbuka untuk meredakan ketegangan.”

Baca: Mantan Direktur CIA: Tekanan AS Cenderung Gagal Karena Iran Punya Kultur Resistensi

Abe bermaksud berperan sebagai mediator, karena Jepang memiliki hubungan persahabatan dengan Iran serta lama bergantung pada minyak Iran hingga kemudian Presiden AS Donald Trump mengakhiri pengecualian Jepang dalam sanksi minyak AS terhadap Iran.

Kunjungan Abe ke Iran dilakukan bertepatan dengan peringatan 90 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*