palestina nakba dayRamallah, LiputanIslam.com – Ribuan warga Palestina yang di tinggal di Palestina pendudukan (Israel) menggelar pawai unjuk rasa menandai 67 tahun Hari Nakba, yaitu peringatan tragedi pengusiran ribuan orang Palestina dari kampung halaman mereka oleh pasukan Zionis Israel.

Massa pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan berkumpul di beberapa kawasan di bagian utara Israel, Kamis (23/4).

“Para kakek kita yang menderita kehilangan tempat tinggal telah meminta kita untuk tidak menjual tanah kami. Mereka meminta kami supaya kembali ke sana dan pantang menyerah, “ seru aktivis Hammad Abu Haija di depan massa demonstran, sebagaimana dikutip Press TV, Jumat (24/4).

“Sekarang kitapun juga mengatakan demikian kepada anak-anak dan cucu kita,” lanjutnya.

Demonstran Palestina itu menyerukan pembebasan tanah air mereka dan pemulihan hak para pengungsi yang telah diusir oleh kaum Zionis pada tahun 1948.

Sebanyak lebih dari 760,000 warga Palestina diusir dari kampung halaman mereka oleh kaum Zionis pada tanggal 14 Mei 1948. Sekarang jumlah para pengungsi Palestina itu membengkak menjadi hampir lima juta jiwa dengan adanya anak dan cucu mereka.

Sejak 1948 rezim Zionis Israel menolak pemulangan para pengungsi Palestina walaupun berbagai resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan undang-undang internasional mengakui hak mereka untuk kembali ke kampung halaman mereka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL