London, LiputanIslam.com –  Kantor berita Reuters yang berbasis di London, Inggris, melansir keterangan berbagai sumber yang mengabarkan bahwa Saud al-Qahtani, orang dekat Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman (MbS), telah mengendalikan sendiri via Skype proses pembunuhan jurnalis dan kritikus Saudi Jamal Khashoggi di konsulat negara ini di Istanbul, Turki.

Reuters dalam laporan eksklusifnya, Senin (22/10/2018), menyebutkan bahwa al-Qahtani sebelum dicopot oleh Raja Salman bin Abdulaziz terkait kasus ini merupakan salah satu pejabat terdekat dengan MbS.

Namun, lanjut Reuters berdasarkan keterangan dari para narasumbernya yang terhubung dengan pihak istana, karena pengaruh al-Qahtani sangat besar maka para pejabat kerajaan tidak diperkenankan mengajukannya sebagai orang yang telah mengendalikan proses pembunuhan Khashoggi, karena beresiko membuat MbS menjadi sasaran tuduhan utama.

“Episode ini tidak akan menggulingkan MbS, tetapi telah memukul citranya sehingga membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki jika itu pernah terjadi. Raja melindunginya, “kata salah satu sumber itu.

Reuter juga mengutip keterangan delapan sumber diplomatik bahwa al-Qahtani adalah orang yang telah mengendalikan proses penyekapan Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri di Saudi pada November 2017.

Reuters menilai keengganan negara-negara Barat, kecuali Perancis, dalam kasus penyekapan Hariri telah membuat MbS makin bernyali dalam berbuat sewenang-wenang, namun kali ini mereka telah menunjukkan sikap yang lebih tegas menyusul terbongkarnya skandal pembunuhan Khashoggi. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*