London, LiputanIslam.com –  Media online berbahasa Arab Ray al-Youm yang berbasis di London, Inggris, mengungkap beberapa hal baru terkait dengan kemelut dalam tubuh Dewan Kerjasama Teluk (GCC) antara Qatar di satu pihak dan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain di pihak lain.

Pemimpin redaksi Ray al-Youm Abdel Bari Atwan di kolom editorialnya, Jumat (26/5/2017), menyebut adanya bocoran yang diungkap oleh koran Arab Saudi Okaz bahwa Menteri Luar Negeri Qatar Syeikh Mohamed bin Abdulrahman al-Thani telah melakukan kunjungan mendadak ke Baghdad beberapa hari menjelang Konferensi Tingkat Tinggi Riyadh, dan di situ dia mengadakan pertemuan dengan jenderal ternama Iran Qassem Soleimani.

Soleimani adalah komandan Brigade al-Quds yang bernaung di bawah Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC)  dan sangat berpengaruh dan andil besar dalam strategi perang Iran melawan terorisme di Irak dan Suriah.

Atwan juga menyebutkan bahwa pendekatan Qatar dengan Iran bahkan dilakukan secara terbuka. Menurutnya, hal ini terlihat dari liputan TV Aljazeera milik Qatar atas pemilu presiden Iran yang berlangsung 19 Mei lalu. Otoritas Iran telah memberi 39 visa kepada Aljazeera dan beberapa lembaga media dan kajian Qatar untuk meliput pemilu tersebut, dan Aljazeera bahkan mengirim jurnalis bekennya yang bernama Mhamed Krichen.  Padahal dalam pemilu sebelumnya Iran pada tahun 2013 tidak memberikan visa kepada mereka.

Indikasi lain ialah perubahan diksi berbagai media Qatar dalam menyebut pasukan pemerintah Suriah. Situs Aljazeera, misalnya, mulai menyebutnya “Pasukan Arab Suriah (SAA),” bukan “tentara rezim”. Aljazeera juga lama menayangkan pidato Sekjen Hizbullah yang sarat kecaman pedas terhadap KTT Riyadh.

Jaringan berita ini juga tidak lagi melontarkan sebutan-sebutan buruk untuk Hizbullah semisal “Hizbul-Latta” atau “Hizbuz-Syaitan.” Pasukan Eletronik Qatar juga telah menghapus label-label buruk untuk tentara Iran seperti “Majusi” dan “pemuja api”. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL