Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) terus menambah personil dan logistik di provinsi Idlib, dan sebanyak ratusan militan yang telah mengadakan rekonsiliasi dengan pemerintah Suriah bergabung dengan SAA untuk mengikuti perang besar yang akan berkobar melawan kelompok-kelompok pemberontak dan teroris.

Koran al-Watan, Senin (27/8/2018), melaporkan bahwa pasukan tank, mortir, dan roket berada dalam perjalanan dari kawasan sekitar desa al-Jaid di bagian utara provinsi Hama menuju Idlib.

Koran milik Suriah ini juga mengutip laporan media oposisi bahwa SAA juga mendatangkan kaum militan yang telah mengadakan rekonsiliasi dengan pemerintah Suriah di Ghouta Timur, Daraa, dan lain-lain, termasuk 400 orang dari bagian utara provinsi Homs.

Sehari sebelumnya, kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa satuan-satuan SAA “melancarkan serangan mortir terhadap pergerakan teroris Jabhat al-Nusa dan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengannya di daerah al-Khuin di bagian selatan provinsi Idlib.

Serangan ini menjatuhkan beberapa korban luka dan tewas di pihak teroris dan menghancurkan sejumlah mesin berat yang mereka gunakan untuk merusak lahan pertanian dan rumah-rumah penduduk.

SAA juga menggempur beberapa posisi Jabhat al-Nusra di daerah al-Tamanuah di bagian selatan provinsi Idlib serta menimpakan kerugian jiwa dan materi pada mereka. Pasukan mortir SAA menghancurkan sebuah markas kelompok Kataib al-Izza di pinggiran barat desa al-Zaka dan menghabisi semua teroris yang berada di dalamnya.

Laman Muraselon memublikasi video yang memperlihatkan tibanya konvoi SAA di beberapa kawasan di bagian utara provinsi Latakia. Konvoi ini terdiri atas kendaraan militer lapis baja, mobil-mobil yang dilengkapi mesin senapan otomatis, dan sejumlah besar pasukan.

SAA berusaha membuka beberapa poros sekalis untuk menguasai kawasan utara, termasuk pinggirian provinsi Latakia yang bersebelahan dengan bagian barat laut provinsi Idlib dan bagian selatan provinsi Hama. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*