دول عربية تجتمع سراً مع "اسرائيل" في الاردن برعاية غربيةTelAviv, LiputanIslam.com – Radio Israel mengungkapkan bahwa sebuah pertemuan antara delegasi Israel dan para delegasi dari beberapa negara Arab yang tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel belum lama ini telah berlangsung di Yordania dan dihadiri pula oleh para diplomat Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Sebagaimana diberitakan berbagai laman berita yang berbasis di Timur Tengah, radio Israel tidak menyebutkan level delegasi itu maupun nama negara-negara Arab tersebut serta kapan pertemuan itu berlangsung.

“Telah diketahui bahwa para delegasi negara-negara Arab yang tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel belakangan ini telah mengadakan pertemuan dengan delegasi Israel di Yordania, dan hadir pula dalam pertemuan itu para diplomat Uni Eropa dan AS,” lapor

Radio Israel, sebagaimana dikutip Alalam dan Akhbarak, Selasa (19/5).

Belum ada komentar apapun dari pemerintah Israel, Yordania dan AS terkait laporan radio Israel tersebut.
Radio Israel menyebutkan, “Sebagian delegasi Arab mengatakan bahwa negara-negara Arab harus siap menerima realitas keamanan di mana pengaruh AS menurun di kawasan.”

Radio ini menambahkan, “Para delegasi Arab menunjukkan hasratnya untuk memotivasi kerjasama keamanan negara-negara Sunni Arab dengan Israel, namun kebekuan politik antara Israel dan Palestina tidak memungkinkan kerjasama demikian.”

Media Israel dari waktu ke waktu selalu mengungkapkan adanya pertemuan-pertemuan antara para pejabat Arab dan Israel di ibu kota negara-negara Eropa maupun Arab, tetapi juga selalu menyembunyikan nama-nama negara Arab yang terlibat di dalamnya.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen ketika dia berkunjung ke Israel Selasa pekan lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengaku telah menjalin kesepakatan damai dengan dua negara jirannya, Mesir dan Yordania. Dia juga kembali menyebut Iran sebagai ancaman terbesar bagi Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL