Teheran, LiputanIslam.com –  Qari dari Indonesia Ustad Amrillah merebut juara pertama pada kategori qari dewasa dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-36 yang berlangsung di Mushalla Agung Imam Khomaini, Teheran, Iran.

Pada MTQ yang berlangsung di ibu kota negara republik Islam ini, Ahad (14/4/2019), qari bernafas panjang asal Jawa Barat tersebut berada di urutan pertama di antara lima nama peserta dari pelbagai negara yang diumumkan sebagai para juara di bidang qira’at. Mereka adalah;

  1. Salman Amrillah, Indonesia.
  2. Mehdi Gholamnejad, Republik Islam Iran.
  3. Mohammad Ridha Salman, Irak.
  4. Ahmad Samir Abdul Aziz Abdul Ghani, Mesir.
  5. Wan Ainuddin Hilmi, Malaysia.

MTQ internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Iran pada 10-14 April 2019 ini melibatkan para peserta dari 37 negara untuk di berbagai bidang al-Quran.

MTQ menjadi agenda rutin Pemerintah Republik Islam Iran yang dibawahi oleh Darul Quran Republik Islam Iran.

Indonesia diwakili oleh Ummu Habibabh Rochim (28) dari Provinsi Jawa Timur, Salman Amrillah (31) dari provinsi Jawa Barat, Muhammad Rifqi Hawari (13) dari Kepulauan Riau, Muhammad Khaerrurozzaq (17) dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Sidiq Mulyana dari Provinsi Jawa Barat.

Dalam wawancarannya dengan media Iran setempat yang diterjemahkan oleh Firmansyah al-Jibran, Muhammad Rifqi Hawari menuturkan rasa bangganya telah menjadi delegasi Indonesia dalam MTQ Internasional tersebut.

“Meskipun ini pengalaman pertama kali saya mengikuti MTQ Internasional tapi saya pribadi percaya diri mampu berkompetisi dengan qari dari berbagai negara. Saya juga merasa nyaman dengan kompetisi ini karena penyelenggaranya sangat ramah dan menyambut kami dengan senang, yang mereka sebut peserta dari negara muslim terbesar di dunia.” Ungkap pelajar asal Kepulauan Riau tersebut.

Muhammad Rifqi Hawari dan Muhammad Khaerrurozzaq diantara delegasi Indonesia yang masuk putaran final pada kategori hafizh dan tilawah cabang remaja. Dua anak emas asuhan Ustad Mahadi Rahman yang telah banyak menamatkan qari dan qariah di Kepulauan Riau tersebut, sebelumnya telah meraih berbagai penghargaan MTQ baik ditingkat regional maupun nasional.

Pada pengumuman hasil pemenang, pada acara penutupan Minggu (14/4), setelah bersaing dengan hafiz dan qari dari Suriah, Kenya, Iran dan Chad, Muhammad Rifqi Hawari diumumkan berhasil meraih juara 3 kategori tilawah tingkat pelajar.

Pada kategori Fahmil Qur’an tingkat santri, Sidiq Mulyana asal Jawa Barat juga meraih juara 3. Sementara prestasi lebih membanggakan lainnya dipersembahkan Salman Amrillah dengan meraih juara I pada kategori tilawah tingkat dewasa mengalahkan pesaing dari Iran, Irak, Mesir dan Malaysia di putaran final.

Ratusan Qari dan Qariah, Hafiz dan Hafizah dari puluhan negara dunia disebutkan berpartisipasi dalam MTQ Internasional ini. Pada acara penutupan turut hadir mantan Menteri Agama RI Prof. Dr. Said Agil Husin Al Munawar yang turut memberi selamat dan penghargaan pada Salman Amrillah yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. (mm/fars/isna/ipiiran)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*