F-16 israel2GazaCity, LiputanIslam.com – Jet tempur Israel dilaporkan telah melancarkan beberapa kali serangan ke bagian selatan Jalur Gaza, namun tidak sampai menjatuhkan korban pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari (19-20/12). Demikian dikatakan oleh para saksi mata dan Departemen Kesehatan Palestina di Gaza.

“Beberapa jet tempur F-16 milik Israel telah menembakkan tiga misilnya ke kawasan timur kota Khan Younis,” kata para saksi mata, sebagaimana dikutip situs berita Rai al-Youm.

Departemen Kesehatan Palestina di Gaza menyatakan tidak satupun di antara serangan pasukan Zionis itu menjatuhkan korban jiwa maupun luka.

Serangan udara Zionis itu terjadi setelah polisi Israel menyatakan bahwa sebuah roket telah ditembakkan dari Jalur Gaza di bagian selatan Israel. Roket itu juga tidak menimbulkan korban maupun kerusakan karena jatuh di ruang terbuka.

Tidak ada satupun pihak Palestina yang menyatakan bertanggungjawab atas penembakan roket tersebut.

Serangan udara Israel ini tercatat sebagai yang pertama kalinya sejak diumumkan perjanjian gencatan senjata Palestina – Israel pada 26 Agustus lalu.

Perjanjian itu sendiri diumumkan setelah pasukan Zionis melancarkan invasi militer besar-besaran ke Jalur Gaza selama lebih dari 50 hari dan membunuh sebanyak 2,143 orang Palestina yang sebagian besar adalah warga sipil, termasuk kaum perempuan, anak kecil dan lansia.

Serangan itu dibalas oleh para pejuang Palestina dari berbagai faksi muqawamah hingga jatuh sejumlah korban tewas di pihak Israel. Data resmi Israel mencatat 71 orang tewas yang sebagian besar adalah tentara, namun pihak pejuang Palestina memastikan bahwa jumlah korban tewas yang sebenarnya di pihak Israel jauh lebih besar daripada data resmi tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL