Jenewa, LiputanIslam.com –   Penyelidik PBB untuk pembunuhan ekstra-yudisial, Agnes Callamard, akan berkunjung ke Turki minggu depan untuk memimpin “penyelidikan independen internasional” kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Callamard di Jenewa mengaku berencana memulai penyelidikan selama berada di Turki dari tanggal 28 Januari hingga 3 Februari 2019.

“Saya akan memimpin penyelidikan internasional independen mengenai pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi,” kata Callamard kepada Reuters, Kamis (24/1/2019).

Khashoggi, kritikus pemerintah Saudi yang juga kolumnis Washington Post, terbunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Para senator AS dan CIA telah berkesimpulan bahwa putra mahkota kuat Arab Saudi, Mohammed bin Salman, memerintahkan pembunuhan Khashoggi, sementara para pejabat Saudi telah berulang kali membantah dugaan keterlibatan Bin Salman.

Kelompok-kelompok peduli HAM dan lain-lain telah menolak bantahan resmi Riyadh itu, dan berulang kali menyerukan penyelidikan independen dan sah atas kasus tersebut.

Callamard mengaku akan mengevaluasi kondisi kejahatan itu dan “sifat serta tingkat tanggung jawab negara dan individu untuk pembunuhan”.

“Temuan dan rekomendasi saya akan dilaporkan ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada sesi Juni 2019,” katanya.

Namun, kepala Human Rights Watch (HRW) Kenneth Roth menyerukan penyelidikan PBB yang lebih komprehensif, dan menekankan bahwa tim penyelidik hendaknya terdiri atas para ahli yang independen dan tidak dibayar.

“Kami pada saat ini menghadapi jalan buntu dalam kasus Khashoggi. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa ini adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Putra Mahkota Saudi,” kata Roth kepada AFP.

Dia juga mengatakan, “Langkah selanjutnya yang kita semua cari adalah penyelidikan PBB. Dan (Sekjen PBB Antonio) Guterres sangat ingin menghindari hal ini karena dia tidak ingin menyinggung orang-orang Saudi.” (mm/railayoum/middleeasteye)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*