sdf-suriahAinissa, LiputanIslam.com –  Pasukan Demokrasi Suriah (Syrian Democratic Forces /SDF) mengumumkan pihaknya, telah memulai  operasi pembebasan kota Raqqah yang menjadi markas ISIS di Suriah, Minggu (6/11/2016).

SDF adalah pasukan koalisi Kurdi, Arab dan Kristen Suriah. Pengumuman itu dinyatakan dalam konferensi pers yang dihadiri oleh para komandan pasukan ini di kota Ain Issa di utara Raqqa.  SDF juga menyebutkan bahwa operasi ini melibatkan 30,000 pasukan.

Pengumuman itu dirilis bersamaan dengan keberhasilan pasukan Irak memberikan tekanan hebat terhadap  ISIS di Mosul, dan memasuki sisi timur kota ini.

SDF didominasi oleh kekuatan tempur utama Kurdi Suriah yang dikenal dengan Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

AS menganggap kelompok  ini sebagai kekuatan yang paling efektif  untuk mengganyang ISIS, tapi Turki justru memandangnya sebagai organisasi teror dan mengklaim pasukan ini terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan  dan para pejabat lain negara ini mengatakan mereka tidak akan menerima peran Kurdi dalam pembebasan Raqqa.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Turki, Fikri Isik, berharap supaya operasi pembebasan Raqqah dilakukan bukan oleh pasukan Kurdi, melainkan oleh pasukan yang didukung Turki.

Namun para petinggi Kurdi menolak peran apapun bagi Turki maupun peran pasukan oposisi Suriah dukungan Turki dalam serangan terhadap ISIS di Raqqah.

“Harapan kami adalah Turki tidak akan ikut campur dalam urusan internal Suriah. Raqqa akan bebas oleh anak sendiri,” ungkap seorang pejabat SDF.

Sejak dibentuk pada Oktober 2015, SDF yang didukung pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat berhasil mengusir ISIS dari beberapa kawasan, termasuk kota Manbij pada Agustus lalu.

SDF menganggap keberadaan pasukan Turki di wilayah Suriah sebagai aksi pendudukan.

Raqqah adalah kota terbesar pertama yang diduduki ISIS di Suriah dan menjadi sarang para ekstrimis asing yang masuk dari wilayah Turki dan bergabung dengan ISIS. (afp/guardian/raialyoum)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL