yaman harakah ansarullhSanaa, LiputanIslam.com – Situasi politik di Yaman kian menegangkan. Gerakan Ansarullah atau kelompok Syiah al-Houthi akhirnya membubarkan parlemen negara ini kemudian membentuk dewan kepresidenan yang berfungsi sebagai pemerintahan transisi. Demikian dilaporkan AFP, Jumat (6/2/2014).

Dari gedung kepresidenan yang dikuasainya Ansarullah merilis “Deklarasi Konstitusional” yang menyebutkan bahwa kelompok ini membentuk Dewan Kepresidenan yang terdiri atas lima orang dengan tugas sebagai pemerintahan transisi yang menggantikan pemerintahan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi yang telah mengundurkan diri.

Deklarasi Konstitusional juga menegaskan pembentukan Dewan Nasional yang terdiri atas 551 anggota untuk menggantikan parlemen yang dibubarkan.

Lebih jauh deklarasi itu juga menegaskan penegakan HAM, kebebasan, kerukunan dengan negara-negara sekitar dan pencegahan campur tangan antarnegara di era pemerintahan transisi.

TV Yaman Jumat malam menayangkan secara langsung pesta kembang api yang berlangsung di berbagai penjuru kota Sanaa. Dilaporkan bahwa keadaan serupa juga terjadi di berbagai penjuru Yaman lainnya sebagai bentuk dukungan atas deklarasi Ansarullah.

Ahad lalu (1/2/2015) Ansarullah memberikan ultimatum kepada kelompok-kelompok politik Yaman supaya menghasilkan solusi bagi krisis negara ini paling lambat tiga hari. Ansarullah mengancam akan membuat keputusan bersama kelompok-kelompok mitranya untuk menambil keputusan mengenai masa depan negara ini.

Utusan PBB Tinggalkan Yaman

Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Jamal Benomar yang selama ini mengawasi jalannya perundingan antar kelompok politik Yaman akhirnya meninggalkan Yaman setelah Ansarullah merilis deklarasinya.

Al-Youm al-Sabea melaporkan bahwa dari Sanaa, ibu kota Yaman, Jamal Benomar bertolak menuju Arab Saudi. Disebutkan bahwa kepergian Benomar itu mengejutkan, sebab seharusnya dia mengadakan jumpa pers terlebih dahulu sebelum berangkat. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL