menhan-iran-hossein-dehghanTeheran, LiputanIslam.com –   Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan meminta Arab Saudi tak usah dilibatkan dalam perundingan damai Suriah, termasuk dalam perundingan yang dijadwalkan berlangsung di Astana, ibu kota Kazakhstan, bulan depan.

Dalam wawancara dengan RT dia mengaku berpendapat demikian dan menilai Saudi harus disikapi dengan tegas karena, menurutnya, Saudi masih bersikeras ingin menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Dehghan menepis kabar bahwa Iran telah menebar pasukannya untuk menjaga keamanan di kota Aleppo, Suriah utara, bersama polisi militer Rusia, namun dia mengakui bahwa jika diperlukan maka negaranya siap mengirim penasehat militer untuk membantu pasukan kepolisian Suriah di bidang keamanan.

Mengenai keberadaan militer Turki di Suriah utara dia menyebutnya sebagai agresi. Karena itu dia mengimbau Turki agar menarik pasukannya dari Suriah segera setelah ada seruan dari pemerintah Suriah.

“Pasukan Turki harus keluar dari Suriah jika Damaskus meminta demikian. Jika tidak maka mereka agresor, dan agresor tidak boleh membuat keputusan mewakili pihak lain.”

Dia juga menentang pernyataan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Chavusoglu dalam konferensi pers di Moskow, Rusia, pekan lalu yang menyerukan supaya gencatan senjata di Suriah mencakup pasukan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran.

Dehghan menuding Turki memberikan perlindungan udara bagi kelompok-kelompok teroris di Suriah utara dan membentuk pasukan teroris. Dia juga menyayangkan adanya kesepakatan Rusia dengan Turki menyangkut apa yang disebutnya campurtangan Turki di Suriah utara.

Dehghan menegaskan bahwa negaranya bersikukuh mempertahankan Presiden Bashar al-Assad, namun tidak menutup kemungkinan menerima siapapun menjadi presiden yang sah di Suriah di masa mendatang, karena rakyat Suriah sendirilah yang berhak membuat keputusan untuk memilih al-Assad lagi atau tidak melalui pemilu.

“Tapi siapapun tak berhak menyatakan al-Assad tidak bisa lagi mencalonkan diri dalam pemilu. Itu omong kosong,” tegasnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL