TelAviv, LiputanIslam.com –  Liga Arab menyambut gembira keputusan Paraguay mengembalikan Kedubesnya untuk Israel dari Al-Quds (Yerussalem) ke Tel Aviv, dan menyebut keputusan ini sesuai dengan ketentuan internasional.

Wakil Sekjen Liga Arab Urusan Palestina Saeed Abu Ali, Kamis (6/9/2018), mengatakan kepada wartawan bahwa langkah itu menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam menghadapi agenda dan tekanan Israel dan Amerika Serikat (AS).

Dia juga menilai keputusan itu juga akan secara positif mencerminkan hubungan Arab-Paraguay. Dia memuji langkah Paraguay sebagai “jalur yang benar” dan sesuai dengan resolusi legitimasi internasional.

Paraguay telah memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke  Al-Quds pada Mei lalu setelah Guatemala dan AS sehingga membangkitkan kemarahan orang-orang Palestina yang memandang Al-Quds sebagai ibu kota negara merdeka Palestina di masa mendatang.

Abu Ali menambahkan bahwa kebijakan terbaru Paraguay itu akan memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama Arab dengan Paraguay.

Dia juga mengiatkan bahwa negara-negara Arab menentang keras pemindahan kedubes negara manapun dari Tel Aviv ke al-Quds, dan karena itu meminta semua negara dunia agar tidak melakukannya.

Abu Ali menyatakan bahwa AS dan Israel berusaha memaksakan kehendaknya kepada dunia terkait dengan status al-Quds, sementara undang-undang internasional menegaskan bahwa kota ini adalah bagian dan ibu kota negara Palestina, namun tekanan AS dan Israel ternyata tidak lantas menciutkan nyali khalayak dunia dalam masalah ini. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*