liga arabKairo, LiputanIslam.com – Negara-negara Arab yang tergabung dalam Liga Arab menggelar konferensi tingkat pakar di Kairo, ibu kota Mesir, mengenai pemberantasan terorisme, Kamis (8/1/2015).

Kantor berita Kuwait, KUNA, melaporkan bahwa dalam konferensi itu para peserta mendiskusikan langkah-langkah operasional penanggulangan radikalisme, pemberantasan kelompok-kelompok teroris dan penegakan keamanan negara-negara Arab.

Deputi Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmad bin Hilli menyatakan bahwa konferensi ini bertujuan membangun mekanisme dan mengatur strategi yang efektif untuk penumpasan terorisme.

“Kesepakatan dalam konferensi ini akan diserahkan kepada para menteri Liga Arab yang akan menggelar sidang di Kairo pada hari Kamis mendatang,” katanya.

Dia menambahkan bahwa apa yang direkomendasikan oleh para pakar bisa jadi akan dikukuhkan oleh para menteri luar negeri Liga Arab dan selanjutnya akan dikeluarkan instruksi yang diperlukan bagi pelaksanaannya.

Ahmad bin Hilli berharap ada revisi terhadap perjanjian pertahanan kolektif negara-negara Arab untuk pemberantasan terorisme.
Seorang pejabat Liga Arab dalam konferensi itu menyatakan bahwa terorisme telah menjadi ancaman besar yang tidak hanya berkenaan dengan kelompok-kelompok kecil, melainkan juga organisasi-organisasi besar transnasional serta mengancam keamanan dan kedaulatan berbagai negara, termasuk negara-negara Arab. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*