Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara kelompok Taliban Zabihullah Mujahid yang pernah sempat berkuasa di Afghanistan, Selasa (1/1/2019), menyatakan pihaknya telah berkunjung  ke Iran dalam rangka mengupayakan perdamaian di Afghanistan.

Pernyataan ini merupakan konfirmasi atas pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasimi sehari sebelumnya bahwa delegasi Taliban yang dikenal memusuhi Iran belakangan ini justru telah melawat Iran dalam rangka mewujudkan stabilitas di Afghanistan.

Menurut Qasimi, delegasi Taliban telah mengadakan pertemuan dengan delegasi Iran yang dipimpin oleh Abbas Araghchi.

Zabihullah Mujahid dalam sebuah statemennya  menyatakan, “Delegasi Taliban dikirim ke Teheran untuk berunding dengan para pejabat (Iran) mengenai situasi di Afghanistan pasca pendudukan dan tercapainya perdamaian dan keamanan di negara ini serta kawasan regional dan negara-negara tetangga.”

Dia menjelaskan bahwa delegasi Taliban memang melakukan kunjungan secara kontinyu ke negara-negara jiran Afghanistan demi mendapatkan dukungan politik dan moral dari mereka serta demi menggalang kerja sama dengan mereka dalam upaya mengakhiri pendudukan Afghanistan oleh Amerika Serikat (AS) dan mewujudkan perdamaian.

Kunjungan itu dilakukan melalui koordinasi dengan otoritas Afghanistan serta dalam konteks peranan Iran sebagai kekuatan regional yang berpengaruh untuk mewujudkan perdamaian di Afghanistan, negara yang telah sekian lama didera dua perang, terutama sejak kelompok-kelompok teroris tumbuh subur di Afghanistan akibat pendudukan atas negara ini oleh AS. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*