Aleppo, LiputanIslam.com – Tentara Arab Suriah (SAA), didukung oleh pasukan Rusia, telah bergerak ke sebuah desa di provinsi Aleppo, Suriah utara, setelah Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang disponsori dan dipimpin Kurdi memutuskan untuk menyerahkannya kepada pasukan pemerintah.

Sebuah sumber anonim lokal mengatakan kepada kantor berita Suriah al-Masdar yang pro-pemerintah bahwa tentara Suriah memasuki desa Arima, 20 kilometer timur laut kota al-Bab dan 65 kilometer ( 40 mil) timur laut Aleppo, pada Selasa (25/12/2018), setelah militan Kurdi menarik diri dari daerah itu.

Sumber itu menambahkan bahwa 40 truk pengangkut tentara Suriah, dua unit tank, truk pembawa peralatan militer dan kendaraan lapis baja terlihat menyeberang ke desa di timur laut Manbij itu.

Perkembangan ini terjadi menyusul dugaan persiapan Turki untuk menggelar operasi militer terhadap milisi Unit Perlindungan Rakyat (YPG), tulang punggung Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) di Suriah utara.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar, Selasa, mengatakan bahwa persiapan untuk serangan di wilayah sisi timur Sungai Efrat terhadap militan YPG Kurdi sedang berjalan sesuai rencana.

“Semuanya sudah direncanakan dan diprogram. Semuanya berjalan sesuai dengan itu dan sesuai dengan jadwal, ”kata Akar kepada wartawan sebelum pertemuan kelompok parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa di Ankara, ibukota Turki.

Dia mencatat bahwa dalam beberapa hari mendatang pembicaraan akan diadakan dengan para pejabat AS tentang peta jalan bagi Manbij.

“Mengerjakan peta jalan Manbij terus dilakukan secara intensif,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan bahwa para petinggi militer Turki melakukan kontak dengan para sejawat mereka di AS, dan informasi lebih lanjut tentang jadwal peta jalan itu akan dirilis setelah dirampungkan. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*