Ankara, LiputanIslam.com –  Komandan Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigjen Amir Ali Hajizadeh menyatakan bahwa Republik Islam Iran merupakan negara pertama di kawasan dan kedelapan di dunia dari segi rudal.

“Koreapun berada di bawah kami di bidang ini,” ungkapnya dalam sebuah pertemuan di Teheran, Selasa (16/10/2018).

Dia menjelaskan, “Kami sekarang termasuk 15 negara terkemuka di dunia di bidang pesawat nirawak, bahkan berada di depan Rusia dan Cina. Kami juga memiliki kekuatan yang baik di bidang pertahanan udara, dan memiliki perlengkapan di atas Rusia, Perancis, Cina, dan Inggris.”

Dia juga mengatakan, “Kami berhasil membuat rudal balistik pantai ke laut, bukan cruise, yang dapat membidik sasaran maritim dari jarak 700 kilometer.”

Menurutnya, Iran telah berhasil menambah jarak jelajah rudal maritimnya hingga menjadi 700 kilometer.

“Rudal-rudal Iran sekarang mencapai 2000 kilometer, dan semuanya memiliki keistimewaan berupa kemampuan menyasar titik,” imbuhnya.

Jenderal Hajizadeh kemudian menyebutkan bahwa nirawak pembom Iran sejauh ini sudah melancarkan 700 misi tempur anti kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah, dan misi ini antara lain berhasil menghancurkan berbagai jenis peralatan tempur ISIS, termasuk tank, kendaraan pengangkut personil, bom-bom mobil, dan parit-parit pertahanan.

Dia mengatakan, “Jarak jelajah rudal-rudal kami antara 200 hingga 2000 kilometer, dan semuanya berpresisi tinggi, sementara rudal-rudal kami yang sebelumnyapun sejauh ini masih belum dimodifikasi menjadi rudal-rudal presisi tinggi.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*