Beirut, LiputanIslam.com –  Wakil Sekjen Hizbullah Libanon Syeikh Naim Qassem dalam wawancara dengan RT milik Rusia, Selasa (28/8/2019), menyatakan bahwa setiap agresi Israel ke Libanon akan direaksi dengan balasan yang mengejutkan.

Dia mengingatkan bahwa agresi Israel tidak bisa dipandang dan diperlakukan dengan sambil lalu, melainkan akan dibalas dengan serangan setimpal, tanpa menyebutkan detail balasan yang dijanjikan oleh Sekjen Hizbullah Sayid Hasan Nasrallah belum lama in.

Qassem mengatakan pihaknya tidak akan berbicara mengenai rincian karena hanya akan menguntungkan Israel.

“Serangan akan mengejutkan dan setimpal,” ujarnya, sembari menyebutkan bahwa situasi sekarang bukan situasi perang, melainkan situasi balasan atas serangan, sedangkan kehebohan mengenai perang tidak akan dapat menekan Hizbullah.

Baca: Nirawak Israel Targetkan Seorang Petinggi Hizbullah

“Sikap pemerintah Libanon atas agresi Israel sudah benar, dan kami tidak akan menunggu tanggapan di Dewan Keamanan,” imbuhnya.

Sementara itu, sumber yang dekat dengan Sayid Nasrallah mengatakan bahwa kelompok pejuang ini tidak akan terburu-buru dalam melancarkan serangan balasan, dan balasan itu bisa jadi terbatas hanya pada pelumpuhan kemampuan Israel mengintai melalui pesawat nirawak.

Mengutip perkataan Nasrallah, sumber itu mengatakan,  “Pihak resistensilah yang menentukan kapan dan di mana akan menyerang. Mereka dapat menjatuhkan tidak lebih dari 4-5 pesawat nirawak, dan dalam bentuk yang membatasi gerakan pengintaian Israel.”

Baca: Hizbullah Sebut ‘Drone’ Israel di Beirut Bermuatan Bom

Dia melanjutkan, “Jika kami memiliki senjata tersendiri maka kami tidak akan banyak memakainya untuk pesawat nirawak.”

Mengenai waktu pembalasan, dia juga mengutip pernyataan Nasrallah bahwa ketika terjadi serangan Israel ke Quneitra yang menggugurkan enam anggota Hizbullah, kelompok ini menunggu waktu sampai 10 hari.

“Kita tidak terburu-buru dalam urusan kita, biarlah Israel berada dalam kondisi siapa penuh,” ungkap sumber itu. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*