Ankara, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, sebagaimana dikutip media Turki, Selasa (13/11/2018), mengatakan bahwa rekaman audio yang ditunjukkan Turki kepada para sekutunya di Barat mengenai pembunuhan Jamal Khashoggi “mengerikan” sehingga seorang perwira intelijen Saudi bahkan juga terkejut mendengarnya.

Khashoggi, jurnalis Saudi yang kritis terhadap Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman,  terbunuh di dalam konsulat negara ini di Istanbul pada enam minggu lalu dalam operasi yang menurut Erdogan diperintahkan oleh “tingkat tertinggi” dalam Kerajaan Saudi.

Dalam perjalanan pulang di atas pesawat dari kunjungannya ke Perancis akhir pekan ini dia mengaku telah membahas kematian Khashoggi dengan para pemimpin Amerika Serikat (AS), Perancis dan Jerman saat makan malam di Paris.

“Kami telah memutar rekaman pembunuhan ini untuk semua orang yang menginginkannya dari kami. Intelijen kami tidak menyembunyikan apa pun. Kami mengoperasikannya untuk semua orang yang menginginkannya, termasuk Saudi, AS, Prancis, Kanada, Jerman dan Inggris,” ujar Erdogan.

Dia menambakan, “Rekamannya benar-benar mengejutkan. Ketika petugas intelijen Saudi mendengarkan rekaman ini dia sangat terkejut sehingga berucap; ‘Orang ini pasti terpengaruh heroin. Ini hanya dilakukan oleh orang yang terpengaruh heroin.’”

Erdogan menilai rekaman itu jelas menunjukkan bahwa pembunuhan itu direncanakan dan berasal dari tingkat tertinggi dalam Kerajaan Saudi, namun dia mengaku tidak percaya bahwa Raja Saudi Salman bin Abdulaziz tersangkut dengan kasus ini.

“Putra Mahkota (Saudi) berkata; ‘Saya akan membuatnya jelas dan saya akan melakukan apa yang diperlukan.’ Kami menunggu dengan tidak sabar,” tutur Erdogan

Dia mengingatkan bahwa para pelaku kejahatan ini antara lain adalah 18 tersangka yang ditahan di Arab Saudi.

“Penting untuk mengungkapkan siapa yang memberi mereka perintah untuk membunuh,” tegas Erdogan.

Dia mengaku sangat menantikan kesediaan Mohamed bin Salman mengungkap tabir misteri yang tersisa dalam kasus pembunuhan Khashoggi, dan Ankara akan menindak lanjuti masalah hingga ke level internasional. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*