سفينة حربية تتابع سفينة الإنقاذ الإيرانية لليمنTeheran, LiputanIslam.com – Kapal pembawa bantuan kemanusiaan Bulan Sabit Merah Iran memasuki Teluk Aden di perairan Yaman dan segera disambut dan diiringi oleh kapal perang Iran. Demikian dilaporkan wartawan Alalam yang ikut di atas kapal bernama “Shahed Iran” itu, Minggu (17/5).

Disebutkan bahwa kapal itu tiba di Teluk Aden sesuai jadwal dan selanjutnya akan memasuki Laut Merah setelah melintasi Selat Babel Mandeb untuk kemudian merapat di Pelabuhan Hudayda, Yaman.

Alalam menyebutkan bahwa pemerintah Iran menolak kapal itu diperiksa oleh pihak manapun. Teheran juga mengingatkan bahwa resikonya akan sangat besar jika kapal itu mendapat gangguan dari negara-negara yang memusuhi Yaman, termasuk Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS).

Laporan lain dari AFP menyebutkan bahwa kapal itu memasuki Teluk Aden meskipun sudah mendapat peringatan dari AS, dan diperkirakan empat hari setelah itu akan tiba di pelabuhan yang dikuasai oleh gerakan Ansarullah (Houthi) tersebut.

Seperti pernah diberitakan, kapal itu membawa bantuan kemanusiaan untuk korban perang Yaman sebanyak 2500 ton, yang terdiri atas beras, tepung gandum, ikan kaleng, tenda, selimut dan obat-obatan.

Di pihak lain, AS meminta Iran menyerahkan bantuannya “sesuai ketentuan PBB melalui pusat distribusi bantuan yang sudah didirikan di Djibouti”. Namun Teheran menyatakan pihaknya  mengirim bantuan itu justru dengan koordinasi PBB.

Wartawan kantor berita Tasnim, Iran, yang juga berada di atas kapal itu melaporkan bahwa kapal memasuki Teluk Aden pada pukul 06.00 GMT, sementara kapten kapal Masoud Mir Saeed Jumat lalu mengatakan kapal itu diharapkan tiba di Pelabuhan Hudayda pada tanggal 21 Mei mendatang.

Tasnim juga menyebutkan bahwa di dalam kapal itu juga terdapat para tenaga medis, wartawan dan aktivis anti perang dari AS, Jerman dan Perancis.

Pentagon menyatakan pihaknya “memantau” kapal itu, dan ini lantas mengundang reaksi dan peringatan keras dari otoritas Iran kepada AS untuk tidak mencoba memeriksa kapal itu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL