Teheran, LiputanIslam.com –  Laporan dari sebuah laman internet telah mengutip pernyataan Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei bahwa “tak suatu apapun yang merisaukan Teheran” terkait dengan embargo yang mulai diterapkan lagi oleh Amerika Serikat (AS) terhadap Iran pada pekan ini.

“Kalian (orang Iran) jangan risau sama sekali terkait dengan kondisi kita. Siapapun tak dapat berbuat sesuatu (terhadap Iran),” katanya, seperti dikutip oleh laman Fars News, Rabu (8/8/2018).

Para pejabat AS belakangan mengaku akan menekan berbagai negara agar berhenti mengimpor minyak Iran. Tekanan ini ditujukan untuk memaksa Iran supaya menghentikan program nuklir dan rudalnya serta menyudahi campurtangannya dalam konflik di Suriah dan Irak.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif memastikan bahwa upaya AS menghentikan ekspor minyak Iran tidak akan berhasil.

“Jika AS hendak bersikukuh para pikiran yang polos dan mustahil itu maka mereka juga harus menyadari dampaknya. Mereka tak dapat berpikir bahwa Iran tidak akan mengekspor minyak sedangkan yang lain dapat mengekspornya,” ungkap Zarif.

Pada bulan lalu Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan pihaknya bisa jadi akan memblokir Selat Hormuz yang merupakan jalur utama pelayaran minyak jika AS bermaksud menghentikan ekspor minyak Iran.

Presiden AS Donald Trump lantas balik mengancam bahwa Iran akan menerima akibat yang fatal jika mengancam AS, dan pihak Iran kemudian juga tak kalah lantangnya melontarkan ancaman lagi terhadap AS, hingga Trump kemudian mengajak Rouhani berdialog, namun ajakan ini ditolak oleh Rouhani. (mm/farsnews/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*