Damaskus, LiputanIslam.com –  Sebelas orang dari satu keluarga tewas di daerah Shuf’ah di pedesaan timur provinsi Deir el-Zor, Suriah, terkena serangan udara pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) yang menyasar rumah mereka, Kamis (3/1/2019).

Kantor berita resmi Suriah SANA mengutip keterangan beberapa sumber setempat bahwa serangan udara pasukan koalisi menyebabkan kerusakan pada sejumlah besar rumah warga sipil sehingga banyak penduduk terpaksa mengungsi meninggalkan rumah mereka, satu bukti bahwa pemboman pasukan koalisi itu dilakukan secara membabi buta.

SANA juga menyebutkan bahwa pasukan koalisi telah menghancurkan semua jembatan di Sungai Eufrat dan sarana infrastruktur di komplek-komplek permukiman sebelah timur Eufrat.

Hal tersebut terjadi ketika pertempuran masih berlanjut antara Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang didukung oleh koalisi internasional di satu pihak dan kelompok teroris ISIS di pihak lain di bagian utara provinsi Deir el-Zor, tepatnya di daerah yang menjadi kantung-kantung terakhir ISIS di timur Sungai Eufrat.

Damaskus telah berulang kali mendesak PBB dan Dewan Keamanan PBB untuk turun tangan menghentikan aksi pembantaian koalisi internasional terhadap warga Suriah, dan membangun mekanisme internasional yang independen untuk menyelidiki kasus-kasus demikian yang telah menyebabkan ribuan warga sipil Suriah tewas sejak koalisi itu dibentuk dengan dalih memerangi ISIS. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*