SaphiroWashington, LiputanIslam.com — Departemen Luar Negeri Amerika Serikat berencana untuk menjual pesawat tempur hingga $ 60 miliar ke Arab Saudi. Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan kerajaan monarkhi tersebut, yang tengah bersitegang dengan Iran. Andrew Shapiro, asisten Menlu AS untuk urusan politik-militer, menyatakan bahwa ia mengharap tidak ada keberatan dari Israel terhadap rencana ini.

“Kami pikir penjualan senjata akan meningkatkan keamanan dan stabilitas regional,” paparnya, seperti dilansir Haaretz ( 4/5/2016).

Penjualan pesawat militer mencakup 84 unit Boeing F-15, 70 helikopter Apache Boeing, 36 AH-6M Little Birds, 70 up-grade dari pesawat F-15 Saudi, 72 helikopter Black Hawk.

Sementara itu, Alexander Vershbow, asisten Menhan AS telah membahas masalah ini dengan Israel, dan menyimpulkan bahwa transaksi penjualan senjata ke Saudi tidak akan melemahkan atau berbahaya bagi Israel.

“Kami telah berkonsultasi dan Israel tidak keberatan dengan penjualan ini,” terangnya.

Baik Vershbow maupun Shapiro menekankan bahwa mengukuhkan kemampuan pertahanan Arab Saudi berarti meningkatkan keamanan dan kepentingan militer AS di kawasan regional, dan ini dianggap penting dilakukan sebagai antisipasi atas program nuklir Iran.

“Tentu ini bukan semata-mata karena Iran. Tetapi kami harus membantu Saudi memastikan dan melindungi mereka di bidang keamanan, karena mereka berada di kawasan yang berbahaya,” tambah dia.

Pejabat AS juga membahas kesepakatan untuk meng-upgrade Angkatan Laut Saudi, yang nilai transaksi tersebut diperkirakan bisa mencapai $30 miliar.

Meskipun kesepakatan nuklir telah ditandatangani, dan Iran berulang kali menerangkan bahwa program nuklirnya digunakan untuk tujuan damai, namun AS tidak sepenuhnya yakin dan cenderung mempersulit Iran. Baru-baru ini, ketika Iran memamerkan program rudalnya, AS kembali merecoki dan mengaku prihatin karena dianggap sebagai ancaman keamanan di kawasan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL