Moskow,LiputanIslam.com-Kanal News 7 Rusia dalam laporannya membeberkan alasan kekhawatiran AS atas pembelian S-400 oleh Turki. Stasiun televisi ini mengklaim, sistem pertahanan udara terbaru Rusia ini sanggup mendeteksi jet F-35 buatan AS, walau AS mengklaim bahwa jet itu tidak bisa dideteksi radar.

News 7 mengungkapkan, inilah alasan sebenarnya AS menghalang-halangi Turki membeli S-400. Sebelum ini, AS mengklaim, sistem pertahanan rudal Rusia tidak selaras dengan persenjataan NATO, termasuk sistem pertahanan rudal Barat.

Tak seorang pun di AS yang bisa menjelaskan, apa yang dimaksud Washington dengan “ketidakselarasan antara persenjataan pertahanan.” Rusia sendiri menepis keras klaim AS tersebut.

Baca: IRGC Ancam AS Jika Berani Targetkan Iran

Di kalangan pakar industri rudal dan udara, ada pertanyaan tentang perbedaan antara S-300 dan S-400. Sebab, secara lahiriah tidak ada perbedaan antara dua sistem ini. Yunani yang merupakan anggota NATO, sudah 20 tahun menggunakan S-300 dan tak satu pihak pun di NATO yang mengatakan S-300 tidak selaras dengan persenjataan badan militer itu.

Baru-baru ini Washington mengklaim, S-400 bisa mengenali jet F-35 dan memberitahukan sistem deteksinya ke Moskow. Dengan kata lain, Rusia melalui S-400 bisa mengenali sistem stealth (siluman) F-35 di langit Turki dan NATO, sehingga mengecilkan peluang keunggulan AS di perang udara.

Argumen ini dibantah oleh para pakar industri kedirgantaraan Rusia. Mereka berpendapat, kekhawatiran Washington disebabkan faktor lain, yaitu bahwa sebenarnya F-35 tidak bisa menghindari radar dan AS telah mengelabui dunia soal kemampuan jetnya itu.

Banyak pihak berkeyakinan, sistem identifikasi F-35 tidak berbeda sama sekali dengan F-16. Semua klaim AS bahwa informasi sistem ini bisa berpindah tangan ke Rusia, sama sekali tidak berdasar.

Menjawab pertanyaan kenapa Washington khawatir Ankara membeli S-400, pakar Rusia mengatakan bahwa dengan sistem tersebut, militer Turki bisa mengukur kelemahan jet-jet buatan AS dan menjatuhkannya kapan pun mereka menghendakinya. (af/alalam)

Baca Juga:

Kekeliruan Apa Pun dari AS akan Meledakkan Kawasan

Iran Deteksi Drone Siluman Global Hawk dengan Radar “Thamen” Buatan Dalam Negeri

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*