NewYork,LiputanIslam.com-Seorang diplomat tinggi Rusia mengutarakan, dia berharap Dewan Keamanan PBB membahas keluarnya AS dari JCPOA dalam pertemuan tingkat tinggi mendatang.

“Saya ingin mengingatkan, kami tahu ada program-program terkait pertemuan tinggi di DK PBB tentang Iran pada 26 September nanti. Kami berharap, aspek-aspek yang berhubungan dengan keluarnya AS dari JCPOA dibahas dalam pertemuan tersebut,”kata Dmitry Polanski, seperti dikutip kantor berita TASS.

Dia menambahkan, topik terkait Iran hanya bisa dibahas dalam bingkai resolusi 2231 DK PBB yang merupakan dukungan untuk kesepakatan nuklir (JCPOA).

Di lain pihak, Nikki Haley (dubes AS untuk PBB) mengungkap niat Donald Trump untuk mengetuai salah satu pertemuan DK PBB. Rencananya pertemuan ini akan diadakan berbarengan dengan sidang umum PBB.

Seperti diketahui, JCPOA adalah kesepakatan antara Iran dengan lima negara (AS, Jerman, Prancis, China, dan Rusia) plus Uni Eropa dan ditandatangani pada 2015 lalu. AS beberapa waktu lalu menyatakan keluar dari JCPOA, sementara pihak-pihak Eropa mengaku masih berkomitmen pada kesepakatan ini. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*