pilot rusiaDamaskus, LiputanIslam.com — Sebuah video yang diunggah di internet menunjukkan pilot Rusia yang telah tewas dikeliling para pemberontak Suriah. Wajahnya berlumuran darah. Ketidak-berdayaan pilot Rusia ini rupanya mengembirakan para pemberontak. Mereka meneriakkan takbir. Mereka berbicara dengan bahasa Arab dengan dialek ala Lattakia.

Menurut Reuters, video tersebut dikirimkan oleh pemberontak dari kawasan barat Suriah. Wilayah ini masih bercokol kelompok Free Syrian Army (FSA), yang oleh Barat selalu disebut sebagai ‘kelompok moderat’.

Seperti diketahui, pesawat jet tempur Rusia Su-24 ditembak jatuh pesawat tempur F-16 Turki di dekat perbatasan Suriah-Turki, Selasa (24/11/2015). Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan, pesawat jet itu terbang dan jatuh di wilayah Suriah dan Presiden Vladimir Putin pasti akan bereaksi.

Menurut Peskov, Presiden Putin sedang berada di Yordania untuk melakukan pertemuan dengan Raja Abdullah ketika insiden jatuhnya pesawat jet Su-24 terjadi.

”Sejauh ini, kita belum mendengar alasan untuk kecelakaan pesawat kami akibat serangan itu dari Departemen Pertahanan. Kami tahu pasti bahwa pesawat berada di wilayah udara Suriah, di atas wilayah udara Suriah,” kata Peskov menguatkan pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Juru bicara Presiden Putin itu menegaskan kembali bahwa pesawat jet itu terbang di wilayah udara Suriah menjelang kecelakaan. Dia menyerukan kesabaran sampai ada alasan tepat mengapa insiden itu terjadi.

”Salah jika kita membuat semacam asumsi untuk sekarang ini, atau membuat pernyataan sampai kami memiliki gambaran yang lengkap. Oleh karena itu, kita semua harus bersabar. Ini adalah insiden yang sangat serius, tapi sekali lagi, tidak mungkin untuk mengatakan apa-apa tanpa informasi yang lengkap,” imbuh Peskov.

Menurutnya, Presiden Putin belum bisa berkomentar namun dia memastikan bahwa pemimpin Kremlin tersebut akan bereaksi. ”Hal ini dapat diasumsikan bahwa presiden akan menyinggung masalah ini selama pembicaraan dengan Raja (Abdullah), dan bahwa akan ada semacam reaksi,” tegas Peskov, seperti dikutip Sputnik.

____

Tambahan:

Dari video yang beredar di Youtube, terlihat pilot Rusia itu mencoba menyelamatkan diri dan terjun dengan menggunakan parasut, tapi ia ditembak terus menerus hingga jatuh. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL