Kairo,LiputanIslam.com-Delegasi dua kelompok perlawanan Palestina yang dipimpin Ziyad al-Nakhalah (Jihad Islam) dan Ismail Haniyeh (Hamas) berbincang selama 5 jam di Kairo.

Mengutip Palestine al-Youm, kedua pihak dalam statemen bersama mengumumkan, mereka telah membicarakan isu-isu penting nasional dan hubungan strategis kedua belah pihak.

Di antara topik-topik yang dibahas adalah bahaya yang mengancam isu Palestina, Deal of The Century, upaya Israel untuk menyahudikan al-Quds dan menguasai Masjid Aqsa, usaha Israel untuk mencegah kepulangan para pengungsi Palestina, dan aksi Tel Aviv untuk menguasai Tepi Barat dengan cara membangun pemukiman ilegal.

Baca: Hak Mengangkat Senjata Pejuang Palestina

Hamas dan Jihad Islam juga membahas perjuangan para tawanan Palestina di penjara-penjara Israel dan upaya untuk membebaskan mereka.

Kedua kelompok ini juga membahas teror atas Baha Abu al-Ata (komandan Jihad Islam) dan percobaan pembunuhan atas Akram al-Ajouri (anggota Jihad Islam) di Damaskus. Hamas dan Jihad Islam menekankan pentingnya menjaga koordinasi di berbagai level, terutama di ruang komando gabungan.

Kedua belah pihak menyatakan, aliansi mereka sangat kuat dan teguh. Mereka menepis keras rumor-rumor yang bertujuan memecah belah aliansi tersebut.

Para petinggi Hamas dan Jihad Islam tiba di Kairo pada pekan ini. Rencananya mereka akan bertemu dengan sejumlah pejabat intelijen Mesir. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*