Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin tertinggi Republik Islam Iran pada hari Jumat ini (15/11) bertemu dengan para dubes negara-negara Islam dan tamu undangan Konferensi Persatuan Islam.

Ayatullah Ali Khamenei menyatakan, penyebab musibah-musibah Dunia Islam saat ini, terutama penderitaan bangsa Palestina, adalah lemahnya persatuan Islam. Ia menjelaskan, arti pemusnahan pemerintah Israel adalah “melenyapkan rezim buatan tersebut dan berkuasanya pemerintah yang dipilih pemilik asli tanah Palestina, baik itu Muslim, Kristen, atau Yahudi.”

“Musuh-musuh Islam, terutama AS, menentang prinsip Islam dan semua negara-negara Islam. Senjata utama mereka di kawasan kita adalah ‘infiltrasi di pusat-pusat vital penentu kebijakan,’’perpecahan di tengah bangsa,’ dan ’ketundukan di hadapan AS sebagai solusi masalah.’ Cara untuk menghadapinya adalah memiliki wawasan tercerahkan dan keteguhan di jalan kebenaran,”kata Ayatullah Khamenei.

Sejak kemenangan Revolusi Islam, Iran menjadikan tanggal 12 hingga 17 Rabiul Awwal sebagai Pekan Persatuan. Menurut Ayatullah Khamenei, persatuan bukan sebuah gerakan politis dan taktis, tapi “keyakinan kalbu akan pentingnya persatuan umat Islam.”

Baca: Militer Iran Tegaskan Sudah Saatnya Pasukan Asing Dienyahkan dari Teluk Persia

Ayatullah Khamenei menegaskan, permusuhan AS, Israel, dan para penentang persatuan Islam ditujukan kepada semua negara-negara Islam tanpa terkecuali.

“Esensi Islam adalah penolakan terhadap kezaliman, arogansi, dan monopoli. Sebab itu, mereka menentang prinsip Islam dan semua negara Islam. Keliru jika dikatakan bahwa musuh mereka hanya Republik Islam Iran,”tandasnya.

Terkait isu senjata nuklir Iran, Ayatullah Khamenei menegaskan, orang-orang Barat sendiri sudah tahu bahwa Iran pada prinsipnya tidak berniat membuat senjata nuklir.

“Oleh karena itu, penentangan terhadap program nuklir Iran disebabkan tekad mereka untuk menghalangi kami memiliki teknologi dan industri nuklir,”tegasnya.

Pemimpin spiritual Iran ini juga menganggap penting peran ulama dan cendekiawan Dunia Islam. Ayatullah Khamenei dalam pesannya mengatakan,”Belalah kebenaran dan jangan gentar terhadap musuh. Yakinlah bahwa dengan karunia ilahi, Dunia Islam tak lama lagi akan menyaksikan harapan-harapannya terwujud.” (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*