Ramallah,LiputanIslam.com-PLO dikabarkan telah menghapus hal-hal terkait kesepakatan damai dengan Rezim Zionis dalam buku-buku pelajaran baru Palestina. Perjanjian Oslo juga dipandang secara negatif dalam kurikulum terbaru sekolah-sekolah Palestina.

Kantor berita Safa mengabarkan, dalam tiga tahun terakhir PLO telah meng-update materi sejarah dalam buku-buku pelajaran Palestina. Semua kesepakatan damai dengan Israel, atau kesepakatan sebelum Perjanjian Oslo juga dihapus.

Baca: Dukung Boikot Israel, Hadiah Seniman Lebanon Ditarik oleh Jerman

Menurut laporan ini, semua yang berkaitan dengan kesepakatan Hebron pada tahun 1997 telah dihapus dari buku-buku pelajaran baru. Berdasarkan kesepakatan ini, pengurusan kota Hebron dibagi antara PLO dan Rezim Zionis.

Berita ini juga dikonfirmasi oleh harian Israel, Jerusalem Post. Harian ini menulis, PLO telah menghapus semua kesepakatan damai Palestina-Israel, kecuali perjanjian Oslo, dari buku-buku pelajaran baru. Perjanjian Oslo pun disebut-sebut dalam konteks negatif.

“Berbeda dengan buku-buku pelajaran lama, keberadaan orang Yahudi dalam sejarah Israel (Palestina) tidak diungkit-ungkit, kecuali hanya perkampungan Yahudi di Yerusalem,”tulis Jerusalem Post.

Sebelum ini, tulis Jerusalem Post, para siswa di Tepi Barat belajar dengan metode pendidikan Yordania, sementara para siswa di Gaza mempelajari buku-buku pelajaran Mesir. (af/alalam)

Baca Juga:

Aksi Massa Menentang Blokade Koalisi Saudi Berlangsung di Hudaydah, Yaman

Le Figaro:  Saudi Kalah di Front Politik, Militer, dan Diplomatik

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*