Brussels,LiputanIslam.com-Sekjen NATO di sela-sela pertemuan tingkat menlu organisasi ini di Brussels menyatakan, Taliban tidak akan meraih kemenangan melalui jalur militer.

Baru-baru ini, kelompok Taliban dalam statemennya menyatakan, perlawanan bersenjata mereka akan terus berlanjut bersama proses perundingan. Menurut Taliban, pasukan AS dan NATO tak punya jalan selain angkat kaki dari Afghanistan.

Menanggapi statemen Taliban, Jens Stoltenberg mengatakan,”Kelompok ini harus menghadiri meja perundingan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan.”

“NATO mendukung proses perdamaian yang dipandu pemerintah Kabul,”lanjutnya.

“Kami meminta negara-negara di kawasan, termasuk Republik Islam Iran dan Rusia, agar berperan dalam terwujudnya proses perdamaian ini.”

Stoltenberg menegaskan, NATO akan tetap berada di Afghanistan sampai Taliban memahami pesan bahwa mereka tak akan meraih kemenangan melalui perang,

“NATO tidak ikut campur dalam konten perundingan perdamaian dengan Taliban. NATO hanya mendukung proses ini saja,”aku Stoltenberg.

“Kami berpendapat, penentuan garis merah dalam perundingan damai Afghanistan bukan urusan NATO. Hal ini berkaitan dengan mereka yang duduk di meja perundingan.”

Sebelum ini, sekjen NATO sempat menyatakan, bagi negara-negara Barat, biaya keluarnya pasukan asing lebih besar dari biaya kelanjutan eksistensi mereka di Afghanistan. (af/alalam/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*