Moskow,LiputanIslam.com-Kementerian Luar Negeri Rusia dalam statemennya, Senin (13/8) menyatakan, sanksi yang dijatuhkan Washington atas Moskow telah mencemari citra Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

“Sanksi-sanksi AS atas Rusia telah mengurangi kekuatan Konvensi Senjata Kimia serta mencemarkan nama OPCW,”demikian isi statemen Kemenlu Rusia, sebagaimana dikutip kantor berita Interfax.

Kemenlu Rusia menyebut AS secara sengaja berniat melenyapkan struktur larangan penyebaran dan pelucutan senjata internasional.

Terkait tudingan AS soal keterlibatan Rusia dalam teror peracunan kimia atas Sergei Skripal di Salisbury, Inggris, Moskow menyebutnya sebagai “tuduhan tak berdasar dan tendensius.”

Kemenlu AS pada Rabu (8/8) lalu mengumumkan, Washington telah menjatuhkan sanksi-sanksi baru atas Moskow. Langkah ini disebut sebagai langkah balasan atas apa yang diklaim sebagai keterlibatan Moskow dalam insiden peracunan mantan agen ganda Rusia di Inggris. London sendiri sangat menyambut baik sanksi atas Moskow tersebut.

Sebagai tanggapannya, kedubes Rusia mengecam sanksi tersebut dan menyatakan, Washington sama sekali tak memiliki bukti atas tuduhan yang dialamatkan ke Moskow. Kemenlu Rusia melalui juru bicaranya, Maria Zakharova, juga menegaskan bahwa Moskow tengah menggodok rencana untuk melakukan tindakan serupa terhadap Washington. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*