Sanaa,LiputanIslam.com-Menlu Yaman menolak tuduhan AS soal bantuan rudal Iran untuk negaranya. Dalam wawacara dengan CNN, Hisham Sharaf Abdullah menegaskan, rudal-rudal balistik sudah diterima dari Uni Soviet sejak bertahun-tahun lalu.

“Kami telah meningkatkan level rudal-rudal dari Soviet itu guna membela diri. Iran sama sekali tidak memberikan rudal kepada kami. Saya tegaskan kepada dunia, kami memiliki rudal-rudal yang cukup untuk memerangi Saudi selama bertahun-tahun,”kata Abdullah.

“Jika ada yang punya bukti seperti foto satelit atau sejenisnya untuk membantah kami, silakan tunjukkan kepada dunia. Jangan cuma memamerkan sisa-sisa rudal Scud yang kami terima dari Soviet dan mengklaimnya sebagai rudal kiriman Iran.”

Menlu Yaman mengatakan, selama dua tahun pejuang negaranya tidak  menembakkan rudal ke Saudi, karena mereka menantikan terjadinya sesuatu.

“Sampai akhirnya kami sadar, tak seorang pun mendengarkan kami. Maka, kami mulai melakukan pembelaan diri. Gudang senjata kami bersifat defensif, bukan untuk menyerang negara-negara lain,”lanjutnya.

Tahun lalu, Nikki Haley (wakil AS di PBB) mengadakan konferensi pers usai serangan rudal Yaman ke Saudi. Dia memamerkan sisa-sisa rudal yang ditembakkan pejuang ke bandara Riyadh dan mengklaimnya sebagai rudal buatan Iran. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*