TelAviv,LiputanIslam.com-Harian Jerusalem Post menurunkan analisis terkait serangan dahsyat nirawak Yaman ke kilang minyak Aramco, Sabtu (14/9). Menurut media Rezim Zionis ini, itu adalah serangan serupa ketiga yang dilancarkan Yaman atas infrastruktur penting Saudi.

“Serangan ini menunjukkan kehebatan operator nirawak Yaman dalam melakukan serangan akurat,”tulis Jerusalem Post.

“Serangan ini juga memperlihatkan bahwa tentara Yaman telah meng-upgrade kemampuan nirawaknya untuk memuat logistik lebih banyak. Kini nirawak Yaman sanggup menempuh jarak yang jauh,”imbuhnya.

Baca: Kemendagri Saudi Akui Serangan Nirawak atas Fasilitas Aramco

Jubir angkatan bersenjata Yaman mengumumkan, satuan nirawak negara tersebut telah menyerang kilang minyak Aramco dengan 10 nirawak. Yahya Saree menyatakan, orang-orang merdeka di Saudi telah memberikan bantuan intelijen dalam serangan tersebut.

“Saudi, sekutu utama AS, tidak mampu membendung serangan jarak jauh nirawak Yaman. Hingga kini, Saudi hanya bisa menjatuhkan nirawak (Ansharullah) di dekat perbatasan Yaman. Apakah ini dikarenakan sistem pertahanan udara Saudi tidak berfungsi dalam jarak jauh? Semestinya radar bisa mengidentifikasi serangan ke teritori udara Saudi dan memperoleh gambar jelas dari tempat peluncuran nirawak. Saat ini, serangan nirawak-nirawak ini ke fasilitas penting (Saudi) di dekat Qatar, Bahrain, dan UEA adalah sebuah tantangan besar,”tulis Jerusalem Post. (af/alalam/fars)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*