Tehran, LiputanIslam. Com—Jubir Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi, memperingatkan bahwa jika negara-negara Eropa yang tergabung dalam kesepakatan nuklir 2015 ( JCPOA), terus gagal memenuhi kewajibannya, Republik Islam akan mengambil langkah ketiga untuk mengurangi kewajibannya.

“Jika pihak lain terus gagal memenuhi komitmennya dalam sisa waktu satu bulan (ditetapkan sebagai batas waktu), langkah ketiga untuk mengurangi komitmen JCPOA akan dimulai dalam sebulan berdasarkan apa yang sebelumnya dinyatakan oleh presiden sebagai kepala Tertinggi Dewan Keamanan Nasional Iran, ”katanya.

“Seperti yang diumumkan sebelumnya, langkah Iran selanjutnya akan mencakup penangguhan komitmen; oleh karena itu, komitmen itu tidak sepenuhnya dibuang, tetapi agak ditangguhkan dan jika mereka (para penandatangan Eropa untuk JCPOA) mulai menghormati komitmen mereka, kami juga akan kembali dan memenuhi kewajiban kami. ” Tambahnya.

Kamalvandi menerangkan, pengurangan komitmen nuklir Iran akan dilakukan dalam bentuk melampaui batas 130 ton pada produksi air berat serta batasan 300 kilogram pada pengayaan uranium.

Baca: Iran Bakal Lanjutkan Pengurangan Komitmennya di JCPOA

Pernyataan itu muncul setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) baru-baru ini mengadakan pertemuan khusus atas permintaan Washington untuk memenangkan dukungan Dewan Gubernur atas klaim anti-Iran tentang JCPOA.

Pertemuan darurat Dewan Gubernur beranggotakan 35 negara IAEA diadakan di Wina untuk membahas program nuklir Iran, yang ditutup tanpa kesimpulan.(fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*