Washington,LiputanIslam.com-Harian US Today pada hari Minggu memublikasikan foto yang menampakkan Donald Trump tengah menyaksikan serangan pasukan AS ke tempat persembunyian Abu Bakar Baghdadi.

Pasukan AS dikabarkan menyudutkan pemimpin ISIS itu di sebuah terowongan buntu. Baghdadi lalu bunuh diri dengan cara meledakkan rompi bom yang dikenakannya. Trump mengklaim, dia bersama sejumlah pejabat AS menyaksikan adegan tersebut.

Selain Trump, foto Gedung Putih juga menunjukkan Robert O’Brien (penasihat keamanan nasional), Mike Pence (wapres AS), Mark Esper (menhan AS), Mark Milley (kepala Staf Gabungan Tentara AS), dan Marcus Evans (wakil direktur Operasi Khusus Staf Gabungan Tentara).

Baca: Pesawat Pembom B-1 AS Tiba di Saudi

Foto yang diambil juru foto Gedung Putih itu menunjukkan orang-orang sedang menghadap kamera, seolah sedang menonton operasi penangkapan Baghdadi.

“Serdadu AS sangat luar biasa. Saya telah menyaksikan banyak orang dari mereka,”ujar Trump.

Dia menambahkan, sensasi menyaksikan tayangan itu seperti “menonton film.”

Para pengguna Twitter membandingkan foto ini dengan foto yang dirilis Gedung Putih pada 2011 lalu, yaitu saat operasi pembunuhan Osama bin Laden.

Operasi itu dilakukan atas perintah Barrack Obama (presiden AS saat itu). Foto yang memperlihatkan Obama dan orang-orangnya itu diambil oleh Peter Souza, juru foto Gedung Putih saat itu.

Menanggapi foto Trump, Souza dalam akunnya menulis:”Dilaporkan bahwa serangan dilancarkan pada pukul 15.30 waktu Washington. Sedangkan info yang terekam dalam foto menunjukkan foto itu diambil pukul 17.05 lebih 24 detik.”

Seorang pengguna Twitter mengemukakan kemungkinan lain. Menurutnya, “mungkin Trump dan orang-orangnya tetap berada di tempat itu 2 jam setelah operasi dan menanti kembalinya tim ke pangkalan,” dan itu adalah saat foto diambil.

Souza menanggapi dengan mengatakan, mungkin saja operasi tetap berlangsung hingga pukul 17 itu.

Meski demikian, Jennifer Hayden (seorang staf di Daily Kos) menyatakan, berdasarkan penyelidikan, Trump pada pukul 15.33 waktu Washington “tengah bermain golf.” (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*