TelAviv,LiputanIslam.com-Seorang perwira militer Israel mengatakan, semua orang waras berpendapat bahwa front internal Israel berada dalam ancaman besar. Menurut Tamir Yadai, Hizbullah mampu menghujani semua titik di Israel dengan rudal secara masif.

Hal ini disampaikan Yadai dalam konferensi yang membahas cara merespon krisis dan kondisi darurat di kota Ashkelon.

“Tahun 2019 akan menjadi tahun yang berat bagi Israel, sebab akan ada banyak tantangan besar,”ucapnya.

“Selain apa yang kita ketahui tentang musuh, sekarang ini ada fakta geostrategis baru yang merupakan ancaman serius bagi Israel. Maksud saya bukan senjata-senjata yang sudah dikenal. Yang saya bicarakan adalah kemampuan Hizbullah yang terus meningkat. Kini mereka (Hizbullah) memiliki gudang persenjataan dengan rudal-rudal berpresisi tinggi. Mereka bisa membombardir semua titik di Israel secara masif dengan rudal-rudal tersebut,”lanjutnya.

Menurut Yadai, biro intelijen Israel memiliki informasi perihal koordinasi antara Hizbullah di front utara (Lebanon) dan pejuang Palestina di front selatan (Gaza). Dia memperingatkan kemungkinan timbulnya perang di kedua front tersebut.

“Kondisi saat ini tidak seperti dahulu, ketika orang-orang masih bisa duduk-duduk minum kopi di Tel Aviv saat terjadi perang,”tandasnya.

Pernyataan Yadai ini didukung oleh analis militer di harian Yedioth Ahronoth. Dia mengungkapkan keheranannya karena pernyataan Yadai menimbulkan kontroversi.

“Yadai mengatakan hal yang sebenarnya. Dia berusaha untuk meminimalisir bahaya di masa depan,”tulisnya.

“Jika ada yang ingin mengkritik, maka kritikannya harus ditujukan kepada komandan staf gabungan tentara, menteri keamanan, dan perdana menteri. Mereka-lah yang melarang fakta-fakta ini disampaikan kepada warga Israel,”lanjutnya. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*