TelAviv,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Israel pada hari Kamis (21/2) menyatakan, dia tak akan meminta maaf kepada Warsawa terkait statemennya soal kerjasama orang-orang Polandia dengan Nazi.

Menurut laporan Channel 13 Israel, Yisrael Katz mengaku tidak menyesali ucapannya soal partisipasi Polandia dalam Holocaust, karena, dia mengklaim, banyak orang negara itu yang memang bekerjasama dengan Nazi.

Tiga hari lalu, Warsawa menuntut agar menteri luar negeri Israel mengajukan permintaan maaf resmi kepada mereka.

Katz dalam wawancara dengan radio Israel mengatakan,”Banyak orang Polandia yang bekerjasama dengan tentara Nazi, serta berperan dalam kematian orang-orang Yahudi.”

“Etika diplomatik memang perlu dan bahkan harus dijalankan. Namun realita sejarah tidak bisa diubah. Antisemitisme sudah ada dalam diri orang Polandia, baik sebelum, saat terjadi, atau setelah Holocaust,”lanjutnya.

PM Israel yang beberapa waktu lalu melawat ke Warsawa untuk menghadiri konferensi anti-Iran berbuat serupa seperti Katz. Saat masih berada di Polandia dan di monumen peringatan korban Holocaust, Benyamin Netanyahu menuduh Polandia bekerjasama dengan Nazi Jerman.

Secara tidak langsung, Netanyahu juga mengkritik draf yang disahkan Polandia tahun lalu; draf yang menganggap klaim partisipasi Polandia dalam Holocaust sebagai tindakan illegal. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*