Teheran,LiputanIslam.com-Sebuah situs menempatkan Republik Islam Iran di atas Israel dalam peringkat terbaru kemampuan militer negara-negara dunia.

Berdasarkan peringkat yang dirilis Global FirePower (GFP), Rezim Zionis menempati posisi ke-16, di bawah Brazil dan Indonesia, sedangkan angkatan bersenjata Iran diposisikan pada nomor ke-13. Peringkat ini disusun meliputi 136 negara dan Rezim Zionis.

Menurut harian Jerusalem Post, posisi Israel terus menurun dalam tiga tahun terakhir di peringkat yang dibuat GFP. Tahun lalu, Israel menempati posisi 15 dan pada tahun 2011 berada di posisi 11. Di lain pihak, Iran naik tujuh tangga dari posisi 20 pada tahun 2017 ke posisi 13 pada tahun 2018.

Menurut GFP, tolok ukur dalam penyusunan peringkat ini adalah kemampuan militer dan 55 barometer lain, termasuk jangkauan senjata di gudang senjata, jumlah SDM yang bisa diakses, kemampuan industri pertahanan, sumber alam, luas geografi, dan kekuatan ekonomi.

Jerusalem Post menyinggung salah satu barometer komparasi Israel dengan Iran, yaitu jumlah perangkat kelautan. Menurut harian ini, Iran mengungguli Israel secara signifikan.

Iran juga unggul atas Rezim Zionis dari sisi jumlah personel militer. Angkatan bersenjata Iran dikabarkan memiliki 934 ribu personel, sementara Israel hanya memiliki 615 personel saja.

Dari sisi jumlah jet tempur, Israel sedikit unggul dengan 596 jet, sementara Iran memiliki 505 pesawat tempur.

Baru-baru ini, sebuah institut Israel mengabarkan, Iran tengah berupaya membuat drone-drone patroli dan militer, serta boat-boat tanpa penumpang yang dilengkapi sistem GPS.

Menurut institut ini, Iran meningkatkan kemampuan perangkat perangnya guna menghadapi kapal-kapal asing di kawasan. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*