Teheran,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan Russia Today, Rabu (30/1), juru bicara kemenlu Iran menyatakan, jika negara-negara Barat tidak menjalankan komitmen mereka terkait kesepakatan nuklir (JCPOA), maka Teheran akan merevisi kesepakatan tersebut.

Bahram Qassemi menegaskan, kendati negara-negara Eropa terlambat menyusun mekanisme finansial untuk transaksi dagang, namun Teheran tetap bersikap optimistis terhadap penyusunan mekanisme tersebut.

Terkait sanksi-sanksi AS, Qassemi menyebut bahwa Iran akan sanggup meredam dampak destruktif dari sanksi-sanksi itu.

“Iran sudah diembargo AS sejak empat dekade terakhir. Teheran akan memilih opsi manapun terkait JCPOA selama itu menguntungkan rakyat Iran,”tandasnya.

“Masih ada harapan Eropa bisa melaksanakan janjinya sehingga JCPOA bisa dipertahankan. Jika tidak, kami bisa dan berhak untuk merevisi sikap kami terkait JCPOA, juga mengkaji ulang kebijakan-kebijakan  kami dalam masalah-masalah lain.”

Saat ditanya apakah Irak akan menjadi ajang pertempuran Teheran-Washington atau tidak, Qassemi menyatakan, rakyat dan pemerintah Irak-lah yang menentukan nasib dan kebijakan mereka. Dia berharap, rakyat dan pemerintah Irak bekerjasama dengan Iran, sebagaimana Iran selalu mendampingi mereka di saat-saat sulit.

“Iran berniat untuk menjalin hubungan baik dengan para tetangganya, juga akan melanjutkan kerjasama dengan negara-negara di kawasan,”lanjutnya.

Qassemi menepis isu tentang perselisihan antara Iran dan Rusia di Suriah. Menurutnya, isu-isu ini disebarkan dengan tujuan perang urat saraf dan mengeruhkan hubungan kedua negara.

“Tidak ada masalah antara Teheran dan Moskow terkait Suriah. Hanya ada sejumlah persoalan remeh yang kini sudah ditangani,”kata Qassemi.

Ia mengatakan, dengan berjalannya waktu, Iran telah memperbanyak sisi persamaannya dengan Rusia dan Turki, yang terbukti telah memberikan hasil di Suriah.

“Sebagian pihak tidak suka melihat kerjasama Iran-Rusia dalam memerangi terorisme,”pungkasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*