Washington,LiputanIslam.com-Wapres AS menyebut versinya soal alasan Donald Trump membatalkan serangan ke Iran. Mike Pence mengklaim, Trump tidak yakin bahwa tembakan ke arah nirawak mata-mata AS dikeluarkan para pejabat teras Iran.

Dalam wawancara dengan CNN, Minggu (23/6), awalnya Pence mengaku bahwa instruksi dibatalkan usai Trump diberitahu kemungkinan jumlah korban dalam serangan tersebut.

“Selain itu, Presiden (Trump) juga ragu apakah instruksi penembakan nirawak kita benar-benar berasal dari tingkat tertinggi pemerintah Iran. Saya tak bisa bicara soal informasi terkait masalah ini,”lanjut Pence.

Baca: John Bolton: Pembatalan Serangan ke Iran Jangan Sampai Dianggap AS Lemah

Dia mengklaim, Trump “memprioritaskan nyawa manusia” sehingga membatalkan serangan. Pence juga mengaku bahwa AS “menghendaki kebaikan” bagi rakyat Iran. Namun, katanya, AS tak akan mengizinkan Iran memiliki senjata nuklir.

Saat ditanya CNN apakah AS siap berunding tanpa prasyarat dengan Iran, Pence menjawab,”Presiden secara transparan menyatakan kesiapannya untuk berunding dengan Iran tanpa prasyarat.”

Namun Pence sendiri langsung mengemukakan sebuah prasyarat untuk perundingan Teheran-Washington. Dia berkata, Iran harus mengurungkan niat memiliki senjata nuklir sebagai prasyarat perundingan kedua belah pihak.

Kendati Trump dan wakilnya mengaku bahwa alasan pembatalan serangan ke Iran adalah kekhawatiran akan jatuhnya ratusan korban jiwa, New York Times menukil dari para petinggi AS bahwa alasan utamanya adalah kecemasan akan dampak luas militer dan politis dari serangan ke Iran. Selain itu, pemerintah AS juga benar-benar khawatir bahwa nirawak mereka memang telah melanggar teritori Iran. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*