Sanaa,LiputanIslam.com-Kelompok Ansharullah Yaman memuji sikap sejumlah negara Eropa, termasuk Jerman, terkait penghentian penjualan dan ekspor senjata ke Saudi.

“Kami mengapresiasi sikap positif Jerman yang memperpanjang masa larangan ekspor senjata ke Saudi,”tulis Muhammad Ali al-Houthi dalam laman Twitter-nya, Rabu malam (6/3).

Al-Houthi meminta agar pemerintah Jerman melanjutkan sikap semacam ini terkait dengan perang di Yaman. Dia mengatakan,”Keputusan Jerman ini diambil berasaskan undang-undang dan kesepakatan internasional yang melarang penjualan senjata serta ekspor perangkat militer kepada para penjahat.”

Heiko Mass (menlu Jerman) pada Rabu (6/3) menegaskan, negaranya akan memperpanjang larangan ekspor senjata ke Saudi usai melihat perkembangan yang terjadi di Yaman sejauh ini.

Agresi koalisi Saudi ke Yaman telah berlangsung selama 4 tahun terakhir. Agresi dilakukan dengan dalih untuk mengembalikan kekuasaan kepada Abdurobbih Mansour Hadi (presiden tersingkir Yaman). Agresi ini telah menewaskan ribuan warga Yaman, menghancurkan banyak infrastruktur negara ini, dan mengakibatkan kelaparan serta wabah penyakit. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*