Beirut,LiputanIslam.com-Ketua Partai Penyatuan Arab (al-Tauhid al-Arabi) Lebanon bereaksi pedas terhadap pernyataan Saad Hariri soal Suriah. Wiam Wahhab menegaskan, hubungan Beirut-Damaskus bukan hal yang bisa diputuskan Hariri.

Ditujukan kepada Hariri, Wahhab mengunggah cuitan melalui akun Twitter-nya,”Tuan Perdana Menteri, Anda bisa menguasai hubungan klan Hariri dengan pihak mana pun. Tapi hubungan antara Lebanon dan Suriah bukan ‘propertimu’.”

Hariri pada Selasa (14/8) kemarin menyatakan, dia tidak setuju Lebanon kembali menjalin hubungan dengan Suriah. Menurutnya, masalah ini tidak bisa diperdebatkan.

Hariri bahkan mengancam, jika pihak-pihak lain masih bersikeras soal kembalinya hubungan Beirut-Damaskus, maka pemerintahan Lebanon tak akan terbentuk.

Sayyid Hasan Nasrullah dalam pidatonya semalam, tanpa menyebut nama Hariri, mengatakan,”Kepada para pemimpin yang berselisih pendapat dengan kami soal hubungan Suriah, kami sarankan agar jangan bersikeras atas sebuah sikap yang belakangan akan mereka tinggalkan.”

Pemulihan hubungan Lebanon dengan Suriah didukung sejumlah kelompok, termasuk Hizbullah, Gerakan al-Amal, Gerakan Nasional Merdeka, dan Michel Aoun (presiden Lebanon). Sementara mereka yang menentang adalah partai al-Mustaqbal, al-Quwwat, kelompok sosialis, dan Hariri sendiri. (af/alalam/irna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*