TelAviv,LiputanIslam.com-Menjelang pemilu legisgatif Israel, perang verbal antara dua rival utama pemilu, yaitu Benny Gantz (mantan kepala staf gabungan tentara Israel) dan Benyamin Netanyahu (PM Israel) kian memanas.

Sebelum ini, Gantz dikritik para pendukungnya lantaran bersikap ‘santun’ dan pidatonya dinilai kurang agresif. Pada hari Selasa (19/2) dia mulai mengubah gaya kampanye dan memamerkan pengalaman militernya kepada Netanyahu.

Dilansir dari Times of Israel, pemimpin partai baru “Israel Resilience” ini menyebut Netanyahu sebagai “orang Amerika.” Menurut Gantz, berbeda dengan dirinya, Netanyahu tak punya pengalaman di tentara Israel. Netanyahu disebutnya hanya menghabiskan masa mudanya dengan hura-hura dan memperkuat Bahasa Inggrisnya di Amerika.

“Di saat saya dan pasukan saya melewati malam-malam musim dingin di pos-pos pertahanan berlumpur, kau (Netanyahu) meninggalkan Israel untuk belajar Bahasa Inggris dan melatihnya di pesta-pesta mewah,”kata Gantz.

“Ketika saya memimpin (unit khusus) Shaldag di negara-negara musuh, kau menghabiskan waktumu di ruang rias studio televisi. Saat saya mendidik para perwira dan serdadu, kau sibuk meniti karier sebagai aktor di New York.”

Meski pernah menjadi anggota tentara Israel, namun Netanyahu tinggal bertahun-tahun di Boston, Amerika. Dia terkenal lebih dikarenakan nama saudaranya, Yonatan Netanyahu, yang tewas dalam operasi militer Israel di bandara Entebbe, Uganda, tahun 1976 lalu.

“Satu setengah bulan lagi, kita akan memberikan suara kepada orang yang mendapat ijazah Bahasa Inggris dari Boston, bermake-up tebal, dan mengenakan setelan jas mahal, atau kepada pemimpin sejati yang selalu memikirkan Israel dan tidak berlagak seperti raja,”ujar Gantz.

Dia mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, tak ada yang serius menjadi penantang Netanyahu di pentas politik Israel. Namun, klaim Gantz, keadaan sudah berubah dan kini dia adalah orang yang bisa melawan Netanyahu secara serius. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*