London,LiputanIslam.com-Dubes Iran untuk Inggris menyatakan, negara-negara Eropa mesti berani menerima risiko demi melindungi kesepakatan nuklir (JCPOA).

Dalam wawancara dengan Sky News, Hamid Baidinejad menjelaskan bahwa Iran tidak mendapatkan keuntungan apa pun, walau sudah berkomitmen dengan JCPOA.

“Eropa harus lebih banyak bergerak serta menanggung sejumlah risiko, karena ini bukan hal gampang,”kata Baidinejad.

Ia menegaskan, jika negara-negara Eropa tak berani mengambil risiko, JCPOA tak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Baidinejad sendiri adalah salah satu anggota tim negosiator Iran untuk JCPOA. Ia menyatakan, Iran menghendaki “langkah-langkah konkret” dari Eropa, bukan sekadar janji atau ancaman.

Terkait keputusan Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran yang mengurangi sejumlah komitmen di JCPOA, Baidinejad berkomentar, Iran memang sudah saatnya untuk mengambil keputusan.

“Ini bukan dalam rangka melemahkan JCPOA, tapi demi menyampaikan pesan kepada masyarakat internasional, bahwa kesepakatan ini di ambang bahaya,”tandasnya.

Menurut Baidinejad, banyak politisi dan instansi di Iran yang menilai bahwa Teheran terlambat bereaksi atas kelambanan Eropa.

“Tidak ada artinya jika pihak-pihak lain menuntut Iran bersabar hingga kondisi pulih, Kami sudah melewati batas (kesabaran),”katanya. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*