Washington,LiputanIslam.com-Penasihat keamanan nasional AS mengancam agar Venezeula tidak mengusik Juan Guaido, pemimpin oposisi negara tersebut. John Bolton menyatakan, tiap bentuk ancaman terhadap Guaido akan berakibat serius untuk Caracas.

Ancaman ini dilayangkan Bolton menyusul permintaan jaksa umum Venezuela agar Guaido dilarang keluar negeri. Mahkamah Agung Venezuela pada hari Selasa (29/1) juga diminta untuk memulai penyelidikan atas Guaido dan membekukan rekening banknya.

Sebelum ini, menlu AS juga, seperti biasa, mengintervensi masalah internal negara di Amerika Latin tersebut. Mike Pompeo mengizinkan Guaido untuk mengontrol dan mengambil alih uang milik pemerintah sah Venezuela di AS.

Dengan lampu hijau dari Barat, Guaido (yang juga menjabat sebagai ketua parlemen Venezuela) mendeklarasikan dirinya sebagai presiden. AS dan negara-negara sekutunya secara serempak menyuarakan dukungan dan menyebutnya sebagai presiden sah Venezuela.

Di sisi lain, langkah AS dan sekutunya ini dikecam keras oleh sejumlah negara, seperti Rusia, Turki, Iran, China, dan selainnya.

Rusia, melalui wakil menlunya, juga memperingatkan negara-negara lain agar tidak ikut campur dalam masalah Venezuela. Dilansir oleh Sputnik, Sergey Rybakov pada Selasa malam (29/1) menyatakan, semua negara harus menyingkirkan ide untuk melancarkan intervensi militer di negara Latin tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*