Washington,LiputanIslam.com-Penasihat keamanan nasional AS berusaha untuk memisahkan para perwira senior Venezuela dari Nicolas Maduro. John Bolton mengiming-imingi mereka dengan janji pencabutan sanksi.

Menurut laporan Reuters, Bolton menyatakan AS akan mencabut sanksi-sanksi dari para perwira militer Venezuela, asal mereka bersedia bergabung dengan Juan Guaido (pemimpin oposisi Venezuela).

“AS akan mencabut sanksi dari tiap perwira senior Venezuela yang membela ‘demokrasi’ dan mengakui ‘pemerintahan sah’ Presiden Juan Guaido. Jika tidak, semua jalur finansial internasional akan ditutup sepenuhnya (atas mereka),”cuit Bolton dalam laman Twitter.

Guaido (yang merupakan ketua parlemen Venezuela) pada tanggal 23 Januari lalu mendeklarasikan diri sebagai presiden negara tersebut. AS dan negara-negara sekutunya memberinya dukungan serta mengakuinya sebagai ‘presiden sah Venezuela.’

Harian Wall Street Journal dalam laporan terbarunya mengabarkan, Mike Pence (wakil presiden AS) memainkan peran penting dalam tindakan Guaido. Menurut harian AS ini, Pence mendorong Guaido untuk mendeklarasikan diri sebagai presiden. Kepada Guaido, Pence berkata bahwa jika ia bisa mengambil alih pemerintahan dari tangan Maduro, maka Washington akan memberikan dukungan kepadanya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*