Kontingen Palestina Saat Defile. Sumber: INASGOC

Jakarta, LiputanIslam.com – Perhelatan Asian Games 2018 Jakarta – Palembang secara resmi sudah dibuka Sabtu malam (18/8/2018). Salah satu acara penting pada upacara pembukaan itu adalah defile atau parade kontingen peserta Asian Games. Selain Indonesia, kontingan Palestina mendapatkan sambutan sangat semarak saat melakukan defile tersebut.

Saat pembawa acara menyebut nama “Palestine”, puluhan ribu penonton bersorak memberikan tepuk tangan sangat panjang. Sorotan kamera juga memperlihatkan wajah Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi yang tersenyum dan melambaikan tangan ke arah kontingen Palestina.

Sambutan sangat semarak penonton kepada kontingen Palestina tersebut ditengarai sebagai ungkapan solidaritas masyarakat Muslim Indonesia terhadap nasib yang menimpa Palestina. Menlu Retno Marsudi disorot karena dia beberapa kali tampil di publik sambil mengenakan scarf Palestina.

Sambutan paling semarak diberikan oleh penonton kepada kontingen tuan rumah Indonesia yang terdiri atas 931 atlet. Sebagai tuan rumah, kontingen Indonesia muncul terakhir saat defile. Atlet-atlet Indonesia memasuki arena pembukaan setelah kontingen Yaman. Penonton di SUGBK langsung bergemuruh ketika pembawa acara mengumumkan kontingen Indonesia memasuki panggung utama. Teriakan “Indonesia..Indonesia” terus bergema di stadion.

Para atlet Indonesia dengan gembira melambaikan tangan kepada penonton. Sementara itu di tribune kehormatan, Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana tak berhenti melambaikan tangan.

Korea Juga Disambut Meriah

Kontingen lainnya yang mendapat sambutan cukup meriah adalah kontingen Korea. Hal ini karena kedua negara Korea Utara dan Korea Selatan, dua negara yang selama ini bermusuhan secara politik, dalam parade atlet di pembukaan Asian Games 2018 ini tampil atas nama satu negara. Pejabat olahraga kedua negara yang hadir dalam upacara pembukaan itupun tadi malam duduk berdampingan. Saat kontingen Korea tampil berparade, keduanya berdiri dan saling berpegangan tangan. (os/bola.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*