Washington,LiputanIslam.com-Sebuah harian AS mengabarkan, tentara negara ini telah memastikan tanggal baru untuk menarik semua serdadu AS dari Suriah.

Menurut pejabat-pejabat militer AS, Washington akan memulangkan semua serdadunya hingga akhir April nanti.

Dilansir dari Wall Street Journal, keputusan ini diambil saat Donald Trump belum menentukan programnya untuk melindungi kelompok Kurdi sekutu AS di Suriah.

Sumber-sumber harian ini mengklaim, pasukan yang didukung AS akan membebaskan pangkalan-pangkalan terakhir ISIS dalam beberapa hari ke depan. Setelah itu, pasukan AS akan memusatkan perhatian untuk memulangkan serdadunya dalam pekan-pekan mendatang.

Donald Trump pada 18 Desember lalu mengumumkan berakhirnya ‘misi AS untuk memerangi ISIS.’ Sebab itu, ia berencana untuk menarik pasukan AS dari Suriah.

Dalam pidato hari Rabu (6/2) lalu di hadapan para wakil koalisi ‘anti-ISIS.’ Trump berkata bahwa ada kemungkinan pemerintahnya akan mengumumkan kekalahan ISIS secara resmi pada pekan depan.

Wall Street Journal menulis, jika Trump tidak mengubah keputusannya, tentara AS akan memulangkan mayoritas serdadunya pada pertengahan Maret hingga akhir April nanti.

Seiring dengan rencana penarikan pasukan AS dari Suriah, Washington tengah berunding dengan Ankara untuk melindungi kelompok Kurdi sekutunya dari kemungkinan serangan Turki. Namun sejauh ini, tidak ada perkembangan mencolok dari perundingan tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*