Washington,LiputanIslam.com-Dubes AS untuk Ukraina menyatakan, sanksi atas Rusia akan terus berlanjut, sampai Moskow mengakui kedaulatan Kiev atas Semenanjung Krimea dan membebaskan para awak kapal Ukraina yang ditahan.

Marie Jovanovich juga menegaskan, sanksi-sanksi AS atas Rusia terkait ketegangan di kawasan Donbass (di timur Ukraina) tak aka dicabut sampai tentara Rusia angkat kaki dari kawasan tersebut.

Moskow juga diminta dubes AS untuk “berkomitmen” terhadap kesepakatan Minsk yang dibuat tahun 2015 guna mengakhiri konflik di Donbass.

Perselisihan terbaru Rusia-Ukraina dimulai pada 25 November lalu, yaitu saat tiga kapal Ukraian memasuki wilayah perairan Rusia secara ilegal. Para awak kapal Ukraina mengabaikan peringatan dari AL Rusia dan nekat memasuki Laut Azov melalui selat Kerch di Laut Hitam. Insiden tersebut berujung pada penahanan kapal-kapal Ukraina dan penangkapan atas para awak kapalnya.

Semenanjung Krimea melalui sebuah referendum menyatakan sebagai bagian dari Rusia pada 2014 lalu. Namun pemerintah pusat Ukraina dan negara-negara Barat menolak hasil referendum tersebut dan menjatuhkan sanksi atas Rusia. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*