Baghdad,LiputanIslam.com-Komite Keamanan dan Pertahanan parlemen Irak memperingatkan adanya konspirasi AS di provinsi al-Anbar dan provinsi-provinsi lain di barat Irak.

Menurut komite ini, tujuan AS adalah menghalangi al-Hashd al-Shaabi (relawan rakyat Irak) untuk mensterilkan gurun barat Irak yang bertetangga dengan Suriah.

“AS berusaha membentuk pasukan bayaran di provinsi-provinsi barat Irak,”kata Ali al-Ghanimi, anggota komite tersebut kepada situs al-Maalumah.

Dengan cara ini, kata al-Ghanimi, AS berniat menjauhkan al-Hashd al-Shaabi dari wilayah perbatasan Suriah sehingga pasukan AS bisa terhindar dari kelompok penentang kehadiran AS di Irak tersebut.

Dia menyatakan, Washington menekan berbagai kelompok politik Irak agar sterilisasi gurun barat Irak tidak diserahkan kepada al-Hashd al-Shaabi. Sebab, menurut al-Ghanimi, Washington akan menjadikan ketidakamanan kawasan itu sebagai dalih untuk tetap bertahan di Irak.

Al-Ghanimi berkeyakinan, Washington benar-benar mencemaskan kehadiran al-Hashd al-Shaabi di provinsi-provinsi barat Irak.

Pada 18 Februari lalu, Ali Jabbar (anggota Komite Keamanan dan Pertahanan parlemen Irak) juga menyatakan, tentara AS di pangkalan Ain al-Asad di provinsi al-Anbar dan selainnya tengah merencanakan pengusiran al-Hashd al-Shaabi dari provinsi-provinsi tersebut.

Menurut Jabbar, rencana ini disusun karena Washington takut berkonfrontasi dengan pasukan relawan tersebut. Sebab jika itu terjadi, opini umum akan menuntut agar tentara AS angkat kaki dari Negeri Seribu Satu Malam. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*